Perkembangan musik dari jaman ke jaman, jenis musik elektronik tidak bisa dilepaskan dari kemajuan teknologi itu sendiri.

Dari daftar ini saya akan mencoba menghadirkan nama tokoh yang berpengaruh dalam industri musik elektronik versi saya sendiri. Dulu majalah Trax tahun 2008 juga pernah membuat daftar tokoh yang berpengaruh dalam dunia musik elektronik.

1. Robert Moog

Who: Bapak synthesizer

Why: Berkat orang inilah perkembangan musik elektronik berkembang luar biasa berkembang. Sejak pertama kali alat synthesizer dijual secara masal, membawa arus baru bagi dunia musik, bahkan The Beatles dan Mick Jagger ikut membeli dan mengaplikasikan musik mereka.

2.Brian Eno

Who: Bapak musik ambient modern

Why: Dalam kurun waktu 1973–1977, berhasil mencetak 4 album pop-electonik yang sangat berpengaruh. Banyak musisi yang terinspirasi oleh kreativitas Brian Eno baik sebagai musisi maupun produser pencetak hits. Ia juga bertanggung jawab sebagai produser album Coldplay Mylo Xyloto dan Viva la Vida or Death and All His Friends serta album-album U2.

3. Pierre Schaeffer

Who: Komponis dan inventor genre musik Concrete

Why: Pria kebangsaan Perancis ini memanfaatkan tape recorder (ditemukan tahun 1939), yang ia gunakan untuk membuat loop dengan tape. Metode ini adalah awal dari perubahan musik populer ke dalam musik elektronik. Pendekatan ini akhirnya dipakai oleh band macam The Beatles dalam Tomorrow Never Know ( 1966) dan Pink Lloyd di lagu Bike (1967).

4. Nine Inch Nail

Who: King of Industrial Metal!

Why: Meleburkan Velvet Underground dengan distorsi yang heavy serta gebukan drum machine dan kegaduhan instrument electronik. Band ini menjadi contekan bagi Marilyn Manson, Slipknot dan band indie terbesar indonesia Koil. Trent Reznor bertanggung jawab membawa genre ini ke ranah mainstream. Terbukti dengan 13 kali nominasi Grammy Award dan dua diantaranya dimenangkan mereka. Band ini juga terkenal dengan tata panggung paling canggih dan inovatif ketika tour musik mereka.

5.Fatboy Slim

Who: English Big Beat

Why: Pria bernama asli Norman Cook ini memiliki latar belakang musisi Do Housemartin, banting setir jadi Dj dan sukses berat. Penampilan dalam penutupan pesta olahraga Olimpiade London 2012 menjadi bukti kehebatan pria yang dikenal bisexsual ini. Majalah Q memasukan namanya ke dalam daftar 50 Bands To See Before You Die.

6. Dave Seaman

Who: Editor Majalah Mixmag

Why: Berkat sentuhan emasnya lah mengubah majalah Mixmag menjadi majalah musik edm terbesar di dunia dengan sirkulasi 41.757 dan readership mencapai 304.000, bersama majalah yang Dave kelola tersebut memberikan kontribusi besar dalam perkembangan musik elektronik dunia.

7. Daft Punk

Who: Godfather Of Electro House

Why: Band ini terkenal karena musiknya yang nyaman di telinga orang awam. Selain karena kostum fance dan unik yang konseptual, mereka juga unggul dari segi penjualan album dan kritik positif dari berbagai kalangan. Album terakhir mereka Random Access Memories (2013) diganjar 5 piala Grammy Award tahun 2014. Band ini juga menjadi idola kaum muda hipster ibukota.

8.Serge Jordy, Marco Alonso, Gunter Geigner dan Martin Kaltenbrunner

Who: Musisi dan Computer Geek

Why: Mereka adalah orang yang mengembangkan Reactable, salah satu penemuan besar di bidang musik dan elektronik modern. Musisi sekelas Bjork dan Coldplay memakai alat ini di konser mereka. Alat ini menarik perhatian dunia sejak tahun 2007 dan menjadi sensasi tersendiri oleh berbagai kalangan saat itu.

9. James Palumbo, Humpherey Waterhouse dan Dj Justin Berkmann

Who: Pemilik nightclub, label, radio dan TV legendaris MINISTRY OF SOUND

Why: Awal tahun 1990an, club ini hanya sebuah nightclub tersembunyi di tengah kota London. Klub MINISTRY OF SOUND membantu perkembangan scene musik house saat itu dan mendapat label sebagai superclub. Sekarang menjadi sentra musik electro dunia dengan pendapatan 100 juta dolar dan mengkoordinir lebih 1500 pertunjukan musik dugem internasional di berbagai belahan dunia.

10. Bjork

Who: Penulis lagu, komposer, artis dan produser musik

Why: Dikenal memiliki vokal sangat khas dan ekspresif, ia dikenal sebagai penyanyi yang hobi mencampur banyak genre musik kedalam musiknya. Mulai dari alternative rock, jazz, ambient music, folk termasuk elektronik.

11. Human League

[caption id=”attachment_444" align=”aligncenter” width=”373"]

The Human League[/caption]

Who: Superstar Synthpop

Why: Mereka adalah salah satu pionir group band memasukkan pemakaian ritme elektronik ke dalam pop mainstream. Band ini juga menjadi cetak biru bagi banyak aksi sesudah mereka, seperti A-ha, Pet Shop Boys sampai The Portal Servis.

12. Tiesto

Who: King of King Trance Scene Music

Why: Menyabet beberapa kali sebagai Dj nomor satu dunia dari tahun 2002–2004 berturut-turut. Dia juga menjadi dj pertama yang main live di ajang olahraga olimpiade musim panas 2004 di Athena, Yunani. Pria bernama lengkap Tijs Michiel Verwest juga sering menjadi langganan award dan sukses menyabet beberapa kali Grammy Award. Ia juga didapuk sebagai Dj terkaya di dunia dengan penghasilan 60 juta dolar per tahun.