Chatbots adalah sistem kecerdasan buatan yang terprogram dan dapat berinteraksi dengan konsumen melalui obrolan chat.

Sekarang orang menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasi messenger daripada social media, dan chatbots bisa menjadi alternatif bagus untuk menjembatani komunikasi antara brand dan calon konsumen.

Dengan munculnya macam pilihan teknologi yang digunakan untuk meningkatkan keterlibatan di website atau akun media sosial anda, dapat membuat overwhelming ketika memutuskan apa yang sebenarnya anda butuhkan.

Chatbots adalah salah satu teknologi yang perkembangannya cepat dan cukup baru sehingga banyak pemilik website mungkin belum merasa nyaman untuk mengimplementasikan ke dalam aset digital mereka.

Bahkan beberapa orang mungkin percaya bahwa chatbots seperti membawa kita selangkah lebih dekat keadaan  ala film Terminator ketika robot menguasai dunia.

Jadi ada apa dengan chatbots? Apakah bagusnya? Apakah hanya akan jadi trend yang bakal hilang secara perlahan?

Chatbots: Apakah Baik untuk Digital Branding?

Bahkan membaca apa itu chatbot dapat menyebabkan kebingungan. Sistem cerdas di website atau social media anda? Apa gunanya?

Inilah gambaran singkat tentang apa yang dapat dilakukan chatbot untuk anda:


Chatbots adalah tentang berkomunikasi. Bukankah itu poin yang anda buat ketika membangun brand digital anda?

Anda ingin menyampaikan value brand anda dan apa yang anda tawarkan.

Masuk akal jika anda ingin melanjutkan jalur komunikasi dengan orang-orang yang datang untuk melihat situs anda.

Chatbots sendiri memberikan digital brand anda banyak penawaran terutama dalam media sosial.

Ketika membahas tentang peningkatan dalam penggunaan aplikasi seperti chatbots. Logikanya, jika ingin membangun bisnis online, anda ingin membangun di mana mereka berkumpul. Dan sekarang mereka berada di aplikasi messenger.

Facebook sekarang mengarahkan teknologi chatbot dengan menawarkan brand cara untuk menggunakan chatbot melalui aplikasi Messenger.

Chatbots: Cara Untuk Berkomunikasi Dengan Konsumen

Menggunakan chatbots dapat secara drastis mengubah cara anda berinteraksi dengan orang-orang yang mengunjungi website anda. Sekarang tidak lagi harus menunggu orang untuk berlangganan email dengan anda untuk berkomunikasi dengan mereka.

Contohnya, jika konsumen sering mengunjungi situs anda dan memberikan pertanyaan yang sama seputar produk anda, mereka tidak akan menelepon atau mengirimkan anda email.

Karena itu, pertanyaan tidak terjawab dan viewer meninggalkan situs anda tanpa niat untuk kembali (atau lebih buruk lagi, pergi ke lapak atau brand yang lain).

Namun, jika anda sudah menggunakan chatbot, anda dapat langsung mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Ini memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi tentang penawaran anda.

Email Tidak Terlalu Menonjol Lagi

Beberapa riset membuktikan, penggunaan email terus stabil. Email semakin meningkat harganya dan pemilik website sebaliknya semakin menurun. Karena orang lebih nyaman berkomunikasi melalui social media.

Seperti ditunjukkan dalam grafik, konsumen terus membuka email mereka, bahkan, tingkat email yang dibuka meningkat.

Namun, keterlibatan dari email-email itu terus menurun.

Dengan platform seperti Google yang memisahkan email bisnis ke dalam tab ‘promosi’, pengiriman email juga menjadi masalah. Sama seperti folder ‘sampah’, tab promosi membuat mereka tidak dapat melihat dan membaca materi bisnis anda.

Hanya orang yang secara sadar atau niat mencari email promosi anda yang dapat menemukannya. Tidak berhenti disitu saja.

Jawaban atas pertanyaan juga sulit ditemukan karena mereka akan berhenti di tab promosi juga.

Konsumen dapat mengajukan pertanyaan melalui link email anda dan kemudian menunggu sampai mereka berhenti menunggu balasan.

Saat semua respon email anda telah tersimpan di folder tersembunyi.

Chatbots Banyak Kegunaanya

Jangan biarkan hal negatif yang anda dengar tentang chatbots menghalangi anda mencari tahu mengenai teknologi ini untuk brand digital anda.

Chatbots telah digunakan oleh situs cuaca, toko, berita, dan keuangan. Chatbots dapat memberikan saran, menjadwalkan pertemuan, atau bahkan bertindak sebagai teman.

Ada banyak cara menggunakan chatbot.

Studi kasus: Online shopping

Bagaimana dealer mobil Volvo menggunakan chatbot untuk memberikan penawaran khusus untuk calon konsumen mereka


Salah satu contoh cukup oke dilakukan oleh Volvo Cars Amberg, dealer mobil Jerman. Semakin banyak pembeli mobil potensial mengunjungi situs web dealer setiap hari ini untuk mencari tahu harga, sehingga perusahaan menempatkan chatbot dengan survei Typeform terintegrasi di situs pemasaran mereka yang memberikan penawaran harga instan dan benar-benar dapat disesuaikan berdasarkan input pengunjung.

Daripada menjelajahi suatu website, atau saat menjelajahi website, pembeli dapat mengajukan pertanyaan dan diarahkan ke item yang mereka cari.

Volvo bukan satu-satunya perusahaan yang menemukan kesuksesan menggunakan chatbots.

‘Pizza Domino bot, yang dikenal sebagai’ Dom ‘, memungkinkan anda memesan pizza dengan mudah.

Mereka telah membuat menu lengkap dan bahkan pesanan khusus tersedia melalui chatbot mereka!

Sekarang, dengan program yang simple, chatbots membantu anda 24/7.

Apa pun yang diinginkan konsumen anda dapat tersedia langsung di website. Jawaban, pertanyaan, belanja semua dengan secara langsung.

Chatbots Mengurangi Biaya Operasional Anda

Penambahan chatbots mengurangi biaya perusahaan dalam dua cara.

  1. Chatbots menurunkan biaya rata-rata konsumen yang berinteraksi dengan karyawan. Lebih sedikit konsumen harus menelepon untuk berbicara tentang pertanyaan atau masalah mereka karena mereka akan mengandalkan chatbots.
  2. Chatbots meningkatkan efisiensi dengan banyak konsumen sekaligus. Waktu terbuang sementara anda menunggu untuk menemukan jawaban atas pertanyaan tentang bahan kemeja. Menunggu dapat menurunkan potensi penjualan. Chatbots dapat bekerja secara bersamaan di banyak komputer untuk memberikan pelayanan.

Chatbot tidak hanya mengurangi pengeluaran perusahaan, chatbots juga dapat meningkatkan sales juga!

Membantu Engagement dan kualifikasi prospek sales Anda.

Gunakan chatbots Anda untuk menunjukkan kepada pengunjung situs web prompt sederhana - seperti "Beri tahu kami jika Anda memiliki pertanyaan" - atau bahkan video sambutan untuk membuka pintu untuk percakapan. Chatbot kemudian dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk mengumpulkan detail kualifikasi dasar seperti email dan ukuran perusahaan calon konsumen anda.

Gunakan detail data ini untuk ditambah lalu dikumpulkan dari data CRM untuk mengelompokkan pengguna Anda dan mempersonalisasi langkah mereka selanjutnya.

Misalnya, dorong pengunjung pertama kali untuk mendaftar penawaran Anda tetapi arahkan pengunjung kembali untuk memesan demo.

Kirim prospek nilai tinggi langsung ke penjualan Anda.

Pengunjung yang menghabiskan waktu beberapa menit di halaman harga Anda atau mengklik tombol "Get More Info" kemungkinan memiliki minat yang serius pada produk Anda. Gunakan chatbot Anda untuk langsung memenuhi syarat dan memesan panggilan dengan tim penjualan Anda.

Membantu Upselling Produk Anda

Jika Anda menawarkan gratis coba, chatbot dapat menawarkan bantuan kepada pengguna yang belum menyelesaikan pengaturan mereka dan memeriksa dengan orang-orang yang uji cobanya akan segera berakhir.

Untuk pelanggan, beri tahu mereka tentang fitur baru dan sambungkan ke tim sales anda jika mereka tertarik untuk meningkatkan.

Chatbots Membuat Konsumen Kembali

Banyak survei telah melakukan live chat, alternatif lainnya yang lebih mahal menggunakan orang untuk mengobrol dengan konsumen.

Sebelum chatbot, ada live chat. Tambahan sederhana ini membuat perbedaan besar dalam kesuksesan brand secara online.

Konsumen tidak perlu menatap layar telepon atau khawatir kapan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Pembelian dilakukan hanya dengan kemampuan melihat, bertanya, dan membeli.

eMarketer telah melakukan beberapa studi berbeda mengenai efektivitas chatting pada penjualan dan retainability:

Sebanyak 63% responden mengatakan bahwa mereka lebih cenderung untuk kembali lagi, dan 62% melaporkan lebih mungkin untuk membeli dari situs lagi. 38% responden mengatakan bahwa mereka telah melakukan pembelian dari sesi obrolan.

Ini adalah angka yang luar biasa jika ingin membangun brand digital anda. Dan lagi, menambahkan chatbot bisa menjadi prosedur yang mudah. Dan sudah banyak perusahaan menawarkan bantuan dalam menambahkan fitur chatbot.

Jika tertarik dan telah memutuskan menggunakan chatbot baik untuk brand digital anda, ada baiknya mencoba beberapa aplikasi yang beredar dipasaran.

Kesimpulan

Menggunakan chatbots dapat secara drastis mengubah cara interaksi anda dengan orang-orang yang datang ke situs anda. Seperti:

· Tidak perlu lagi menunggu mereka subscribe untuk berkomunikasi.

· Email semakin meningkat harganya dan pemilik website sebaliknya semakin menurun.

· Chatbots dapat memberikan saran, menjadwalkan meeting, atau bahkan sebagai teman baik bagi konsumen yang mampir ke website Anda.

· Kemungkinannya tidak terbatas. Ini membuatnya bagus untuk semua digital brand, tak terkecuali penawaran anda.

· Penambahan fitur chatbots mengurangi biaya perusahaan dengan menurunkan biaya keterlibatan konsumen dan mempertahankan mereka.

Secara keseluruhan, beralih dengan tren seperti chatbots bisa overwhelming pada awalnya.

Namun, baiknya untuk menambahkan program ini bersifat monumental dan dapat membuat dampak signifikan pada digital brand anda.

Pengalaman anda apa saat membangun atau berinteraksi dengan chatbot?